Jeans. Genes. Overall. Dungaree.

Moderator: philip

#1489450
Image


halo haloo, sebelumnya gua mau izin untuk sharing mini activities di awal tahun gua dengan salah satu pelopor denim scene di Indonesia nih. aktifitas ini sebagai dedikasi kembali diri gua sama forum untuk nyumbang lagi hasil fading dari jeans gua yang gua pake. karena udah lama ga break jeans, akhirnya pilihan gua jatoh sama seri the blue tabnya 16 Denim Scale ini.

goal :
gua akan update setiap minggu progress jeansnya dan tiap 2 bulan sekali akan post evonya dengan flatlay (tanpa dipakai). yang nantinya semua rekapan per minggu akan gua bikin timelapse untuk di share ke temen temen hehe.

challenge :
tantangannya adalah dengan break lightweight jeans 14oz ringspun selvedge. udah lumrah banget emang, yang namanya lightweight itu susah banget di break. selain lemes, kadang susah untuk settling fadingnya (suka berubah ubah). disutulah tantangan yang gua akan coba hadapin. hehe. mudah"an lancar yaa aktifitas gua 6 bulan kedepan.

sebelum mulai, gua coba sharing sedikit tentang brand ini yaa dan review singkat produknya.


Spoiler! :
SIXTEEN DENIM SCALE
"The Blue Tab" series

akhirnya bisa juga review brand Sixteen Denim Scale ini. FYI brand ini merupakan salah satu pioner denim scene di Indonesia. Sixteen (gua sebutnya Sixteen ya biar ga kepanjangan hehe) ini udah ada dari taun 2003 / 2004. cuma pada masa itu brand ini belum memfokuskan diri untuk “anak denim” banget, jadi general aja untuk semua orang yang suka pake jeans.

sempet ganti nama jadi 16DS namun kembali diubah menjadi Sixteen Denim Scale karena mereka pengen lebih nunjukin klo core mereka itu denim, karena slama ini org blgnya 16 d'scale.

Image

Image
Brand asal Bandung ini bisa dibilang punya pabrik untuk pembuatan jeans terbesar diantara brand lokal lainnya yang berlokasi di Cimahi, Jawa Barat.
untuk ragam produknya, Sixteen punya banyak banget aparel selain jeans yaitu : kaos, outwear, aksesories, dan lainnya yang bisa dicek langsung di websitenya 16ds.co
nahh untuk taun ini, mereka merilis Raw Denim Selvedge Collection bernama “The Blue Tab” yang di rilis pada Wall Of Fades 2017 awal december kemarin. terdiri dari 16oz dan 14oz Raw Jeans. Akhirnya gua pick up yang versi 14oz ring slub denim dengan cutting slimfit.

FRONT VIEW

Image
untuk overall shapenya, blue tab ini mempunya waist yang pas apabila kalian ambil true size. Namun, seiring jalannya pemakaian akan melonggar di bagian waistnya (sekitar 2 jari) kalo dari pengalaman gua yang udah dipake hampir seminggu. plusnya mungkin nyaman dipakai, namun minusnya akan melonggar sekitar 1 jari lagi nantinya pada pemakaian jangka pajang. jadi mungkin saran untuk Sixteen untuk lebih dikecilin sedikit waistnya agar ketika strech, ukuran waist akan menjadi pas (walaupun diawal pemakaian terasa sesak).

Image
double prong button

untuk detail button, Sixteen megaplikasikan black double prong dengan emboss bertuliskan Sixteen Denim Scale yang dipadukan dengan two tone color pada benang yaitu warna oranye dan lemon.
two tone stiching ini menurut gua memberikan nilai plus bagi gua pribadi karna lebih berasa kesa vintagenya. detail seperti itu mungkin cukup banyak diaplikasikan pada brand lain karena memiliki 1 sumber ispirasi yaitu Jeans Levi’s seri LVC (Levi’s Vintage Clothing) yang pertama kali menggunakan two tone stiching pada kostruksi celana berbahan denim. CMIIW

Image
peek a boo coin pocket & Rivets

Sixteen mengaplikasikan double peek a boo selvedge pada bagian coin pocket. dimana peek a boo tersebut berada pada kiri kanan coin pocket. Detail ini menurut gua bagian yang harus dipunyai brand denim lokal karena ga bisa dipungkiri, pada user punya nilai kebanggaan yang bisa diperlihatkan apabila memiliki peek a boo selvedge. Jadi kalo kalian mau pamer selvedge line, engga perlu cuffing jeansnya juga bisa :) :) :metall .

Image
Image
Image

dari tampak belakang keliatan banget sisi minimalist dari Sixteen ini dimana tidak ada visual yang rumit pada bagian leather patch (hanya tulisan)
begitu juga penggunaan tab yang berwarna biru dan stiching arcuate yang kurus untuk memberi kesan clean dan modern. Pada bagian arcuate, ketebalannya lebih tipis dibandingkan dengan seri jeans lainnya yang ada di sixteen (non selvedge, pre washed, etc)

Image
untuk bagian arcuate, menurut gua hal paling krusial dalam produk jeans. misalnya ada jeans bagus dengan spec yang gila tapi arcuatenya jelek, gua lebih prefer tinggalin dan cari produk yang kualitasnya dibawah dikit tapi arcuatenya bagus dan enak dilihat. dan sebagian besar temen temen darahkubiru yang sering ketemu ngobrol juga bilang hal yang sama.

Untuk sixteen ini, menurut gua arcuatenya short of OK lah yaa. ga begitu jelek dan ga begitu bagus karna dilihat dari filosofi arcuatenya yang menggunakan hurus S yang diangkat kedalam arcuate ini. jadi normal aja, makanya gua berani pickup karna identitas sebuah jeans salah satunya adalah arcuate ini yang selalu diliat orang ketika kita pake kemana mana. menurut kalian gimana arcuatenya? feel free to discuss atau komentar dan kasih saran mungkin buat Sixteennya.

Image
untuk beltloopnya cukup unik karna sedikit lebih ramping dibanding jeans biasanya. mengingatkan gua pada Nudie dimana salah satu detail selvedge linenya mereka yaitu menggunakan detail thin beltloop. jadi gampang ngecek produk” nudie yang selvedge ga perlu repot” gulung leg openingnya, cukup liat beltloopnya aja kalo thin berarti selvedge, kalo bulky berarti nonselvedge. mungkin bisa juga untuk Sixteen mengakplikasikan hal seperti itu biar ga cuma essentials, tapi functional juga.

INTERIOR
Image
Image
Image
Image
bada bagian dalam juga memiliki branding yang kuat dengan penggunaan branding pada inner pocket, nama artikel yang disabon di waist bagian dalam, sizing information, dan care wash instruction dalam 3 bahasa. cool... :thumbup :thumbup

FABRIC

save the best for the last,
untuk bagian fabric, Sixteen menggunakan red line selvedge dengan bahan 14oz ring slub denim. dari segi warna, fabric ini punya kepekatan biru yang kuat jadi perkiraan gua akan bisa kontras celananya pada 1 tahun penggunaan nantinya. dan berbeda dengan seri 16oznya yang menurut gua pribadi lebih gelap ini birunya dibanding type 16oz nya dan lebih berkarakter karna basednya ring slub fabric.

handfeel pada fabricnya cukup rough sedikit (tidak terlalu alus walaupun hanya 14oz) jadi ketika dipake tidak terlalu lemas seperti 14oz biasanya. Alasan gua pribadi pickup 14oz ini adalah untuk menantang diri gua sendiri dalam break celana yang non heavyweight karna tingkat kesulitannya lebih gede dibanding break heavyweight (karena gesekan yang terjadi pada lightweight lebih kecil dibanding heavyweight denim) ketika proses pemakaian. DAN karena umur sudah bertambah jadi udah kurang sanggup pake heavyweight dalam kegiatan sehari” haha. pegel boshhh. cukup zendeen yang dulu aja yang gila heavyweight. :metall :metall

fitpict : (true size 34) berat 88kg tinggi 176cm

Image
Image
Image
Image


akhir kata,
PLUS
– hargayangditawarkan(Under1jt)denganproduksepertiiniWORTHTOTRY. – Sizingdankonstruksipasbangetdancukupnyamandipake.
– Minimalist
– potentialcontrastfadingpadafabric

MINUS
– Risenyaterlalutinggisedikit
– Arcuate detail (preference probadi sihh, mungkin bisa dipikirkan arcuate khusus
– untuk seri yang “anak denim banget”. bisa plain aja atau dibikin reinforce half pocket. (karena blue tabnya sudah mewakilkan identitas jeans)

DAN NANTINYA, gua akan buat thread khusus untuk progress pemakaian jeans ini. gua akan menchallege diri gua untu break jeans ini selama 6 bulan dan akan diposting progressnya setiap minggu di thread tersebut sebagai bentuk dedikasi gua sebagai user kepada brand ini yang sudah menjadi pelopr denim scene di Indonesia. Stay Tune. :beer :beer
Last edited by zendeen on Thu Jan 18, 2018 12:03 pm, edited 3 times in total.

Join dan main bersama dengan DELUXE4D Sekarang j[…]

Sepatu bagus dengan material bagus. Bberapa kerja[…]

https://1.bp.blogspot.com/-BX07H0[…]

Saya pikir saya bisa melakukannya, tetapi butuh wa[…]