Skip to content Skip to footer

Belajar Tentang Kain – Edisi 6: Singeing a.k.a. Bakar Bulu

Hello! Siapa yang kangen sama rubrik Belajar Tentang Kain?

Bahasan kali ini tentang proses pembakaran bulu di denim. Sesuai arti harfiahnya, singeing adalah proses pembakaran menggunakan panas untuk menghilangkan bulu pada denim. Singeing juga dikenal dengan gassing. Ada dua metode singeing, yaitu denim dilewatkan api kecil atau plat tembaga yang panas sehingga bulu pada denim terbakar.

Alat singeing. (img source: pinterest.com)

Di awal kemunculan teknik sanforization (sekitar 100 tahun lalu) sampai akhir perang dunia II, tahap ini merupakan suatu kewajiban. Kok bisa? Saat itu denim merupakan pakaian untuk pekerja. Jadi, denim harus dibuat senyaman dan serapi mungkin. pada saat itu, bulu juga dianggap sebagai kekurangan yang merusak tampilan denim.

Seiring berkembangnya zaman, denim beralih fungsi menjadi fashion statement dan membuat permintaan pasar terhadap model denim menjadi beragam. Salah satunya adalah tetap mempertahankan bulu pada denim sebagai detail yang unik.

Satu ciri unik dari singeing adalah tepinya akan berwarna kecokelatan seperti gambar di bawah.

Denim setelah melewati proses singeing. (img source: istimewa)

Belajar Tentang Kain adalah kolaborasi antara Darahkubiru dan @tentang.kain yang membahas semua serba serbi mengenai kain.

Verifikasi usia kamu ya!

Tenang, nggak bakal disalah gunakan kok!