Skip to content Skip to footer

Honest Review: Voûte Denim Co-The Polo 18oz

Akhirnya setelah sekian banyak honest review jeans belakangan ini, yak gue #mimin12 kebagian untuk eksekusi langsung jeans The Polo 18oz dari Voûte Denim Co! Brand asal Bandung ini namanya masih tetep eksis di dunia perdeniman, khususnya lokal brand. Dengan mengusung konsep Olahraga Vintage, dimana Voute Denim Co selalu menghadirkan artikel yang fresh juga terbilang unik.

Seperti namanya The Polo, yang merupakan sebuah permainan yang dilakukan dengan menunggang kuda. Sejak dulu olahraga ini termasuk olahraga yang elit dan cenderung mahal. Salah satu yang membuatnya mahal yaitu perawatan kudanya sendiri. Buat yang belum tau olahraga ini berasal dari Asia Tengah, khususnya di Persia pada abad ke-6 sebelum masehi sampai abad ke-1 Masehi. Nah daripada gue ngomongin sejarah yang ngga ada habisnya, jadi sung aja cek spesifikasi produk ini di bawah!

SPECIFICATION

  • 18oz Deep Indigo Selvedge Denim
  • Milled in Thailand
  • Loomstate Unsanforized
  • Shrink to Fit
  • Blue-White-Orange Selvedge
  • Rope Dyed
  • 100% Cotton
  • Slim Stiff Cut (Slim Straight)
  • Hand Dyed Shibori Yoke and Pockets
  • Leather Button Padlock
  • Two Tone Double Layers Leather Patch
  • Hand Stitched Leather Patch
  • Limited Edition

FIRST IMPRESSION

Sebenernya ini jeans ke dua yang gue punya dari Voute Denim Co, dimana dulu sekitar tahun 2018-an gue pernah pake salah satu artikelnya yaitu The Tracker 19oz, tapi sayangnya udah ngga muat lagi di gue. Nah pas banget kali ini The Polo yang ada ditangan gue sizenya lebih besar dari yang sebelumnya.

Pas gue terima paketnya ekspetasi gue agak berlebihan, karena gue fikir packagingnya masih sama kaya dulu. Dengan box pizza berwarna putih lengkap dengan plastik dan juga sticker di dalemnya, melainkan yang gue terima hanya jeans, flasher, hang tag, sticker, yang dikemas dengan plastik hitam Voute Denim Co. Tapi menurut gue hal ini gapapa juga sih cuma bagian dari packaging yang berujung jadi sampah, karena bagi gue yang terpenting itu ialah produknya.

DETAIL

Siapa sih di sini yang lebih memperhatikan detail pada jeans sebelum menentukan pilihannya? kalo iya, sini gue tunjukin beberapa detail dari Voute Denim Co yang kini terkesan lebih inovatif!

Hal yang bikin gue sadar akan perubahan Voute Denim Co ialah bentuk leather patchnya yang mirip dengan bingkai foto. Kalo boleh jujur ide seperti ini belum pernah gue jumpai pada brand jeans manapun. Pemilihan bentuk pattern yang unik, patch ini juga dijahit menggunakan tangan alias manual hand stitched dan yang pasti ini memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan menggunakan mesin, sabi bat sih! Ohiya karena leather patch ini menggunakan 100% natural vegetable tanned leather, tentunya seiring pemakaian warna kulitnya akan berubah menjadi kecokelatan.

Terlepas dari flasher-nya yang colorful, ternyata arcuate khusus rilisan The Polo ini menggunakan warna yang ngga biasa yaitu orange yang cenderung kemerahan. Yang mana menurut gue jeans ini punya karakter yang gue banget lah, bisa bikin orang yang ngeliat sekilas tuh jadi penasaran.

Setelah melihat looks jeans ini dari kejauhan sudah oke, langkah kedua ialah meraba fabricnya. Karakternya mengingatkan gue pada artikel The Tracker 19oz, menurut gue ini cukup stiff dan juga hairy namun weftnya sendiri cenderung lebih lembut jika dibandingkan dengan warp-Nya.

Sedikit mengintip ke bagian hardware! Disini gue ngeliat ada yang berbeda pada button yang mereka suguhkan. Kombinasi antara top button yang berwarna bronse dengan silver pada button fly ini menurut gue terkesan cukup mewah, tapi akan lebih mewah jika pengaplikasian hardwere berwarna bronse ini dibuat seragam.

Eitss ngga cuma itu, dibalik setiap button-nya mereka perkuat dengan potongan kulit bentuk bulat yang ia sebut dengan istilah Leather Button Padlock. Yang berguna untuk menambah durability agar button-nya ngga gampang jebol dan sepengalaman gue pake Voute Denim Co ini works banget sih. Sedap!

Pasti dari tadi lo semua udah ke distrack sama kain berwarna biru langit yang satu ini. Gue akuin penggunaan pocket linning yang terbuat dari kain celup shibori ini terkesan eyecatching dan ugh pokoknya gue suka banget asli!

Hand Dyed Shibori ini ngga cuma ada pada pocket linning-nya aja, melainkan ada dibalik yoke yang diaplikasikan dengan rapih. Turun sedikit ke bawah, gue ngeliat ada hidden rivet yang berguna untuk memperkuat setiap sisi back pocket agar tidak mudah copot atau jebol.

Oh iya jeans ini tergolong heavy weight denim dengan ketebalan mencapai 18oz Unsanforized. Artinya sebelum jeans ini dipake, kalian perlu banget melakukan initial soak agar jeans ini mengalami penyusutan dan bentuk silhouette yang kalian harapkan. Selain itu selvedge line ini memiliki tiga warna kombinasi yang ciamik yaitu orange, white, dan blue yang menurut gue ini terkesan cool bingits!

Secara keseluruhan menurut gue jeans ini rapih, tapi ngga berarti 100% sempurna. Ada sedikit detail yang perlu diperhatikan dalam soal finishing, memang sepele tapi bagi gue kalo hal kecil kaya gini ngga diperhatiin bisa berdampak besar bagi kemajuan brand lokal untuk kedepannya. Sung aja lookit di bawah!

Jika kalian lihat secara seksama, terdapat benang yang merumbai pada bagian inseam dan sisa benang berlebih pada bagian back pocket jeans sebelah kanan. Sebenernya ini hal yang umum ketika lo beli celana jeans, tapi menurut gue akan lebih baik ketika jeans sampe ke tangan custommer dalam keadaan clean.

CONCLUTION

Karena ini segmen honest review jadinya gue musti ngomong jujur perihal experience jeans ini di gue. Untuk yang pertama gue ga nyangka kalo ternyata sizing yang cocok di gue itu adalah size 32, karena sebelumnya gue sempet dikirimin size 30 tapi ternyata ngga muat. Gue ngga tau apakah berat badan gue bertambah atau engga, soalnya emang true to size gue tuh ya size 30. Lalu yang ke dua, kalo diliat dari fitnya sih oke ya, ngga ada masalah. Justru ini masih banyak ruang khususnya dibagian knee hingga leg open, mungkin setelah jeans ini di insoak fitmentnya bisa maksimal di kaki gue. Dan yang terakhir gue suka banget sama ketebalan pada jeans ini, yap 18oz menurut gue sangat cocok untuk menemani aktivitas gue di indoor maupun outdoor.

Nah jadi gimana honest review gue bareng Voute Denim Co – The Polo 18oz kali ini? sudah cukup kah informasi yang kami suguhkan di atas? Oh iya untuk harganya sendiri jeans ini dibanderol sekitar Rp. 1.399.000, karena ini limited edition jadi kalian cuma bisa dapetin jeans ini di event Wall Of Fades tanggal 18,19,20 November mendatang. See ya!*cheers*

Verifikasi usia kamu ya!

Tenang, nggak bakal disalah gunakan kok!