Skip to content Skip to footer

Perawatan Jeans Anti Mager dengan Machine Wash

Merawat jeans kesayangan terkadang bikin kita jadi mau lebih repot untuk melakukan berbagai treatment, mulai dari menjemur, menambahkan pewangi, sampai mencuci dengan tangan supaya jeansnya lebih awet dan tentu saja bersih. Tetapi, untuk yang sudah cape cuci jeans sendiri pake tangan, tidak ada salahnya jika mau mencoba dengan machine wash. Tidak perlu takut jeans menjadi rusak karena sebenarnya jeans adalah sebuah material yang sangat kuat.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah merendam jeansnya di dalam air dingin plus deterjen non-bleach, supaya kotoran-kotoran ringan bisa sedikit terangkat dan serat kain jeansnya beradaptasi dengan lingkungan yang basah. Tunggu sekitar 15 menit, masukkan ke dalam mesin cuci dalam keadaan inside-out. Sebisa mungkin jangan sampai tercampur dengan pakaian lain untuk mengurangi resiko terkena atau mentransfer lunturan indigo ke pakaian lain.

Silakan pilih mode pencucian sesuai keinginan. Untuk deep cleaning, bisa gunakan tenaga pencucian lebih supaya kotoran terangkat. Mode normal lebih dianjurkan apabila ada rasa khawatir terjadi sesuatu pada jeans kesayangan kita. Setelah selesai bilas dengan air bersih sampai deterjennya turun ke level minimal.

Ada baiknya untuk langsung menjemur jeans dalam kondisi basah dibandingkan dengan menggunakan pengering mesin cuci supaya proses pengeringan berlangsung lebih natural dan mengurangi penyusutan yang signifikan. Untuk yang tidak masalah dengan hal tersebut, bisa juga menggunakan pengering lalu cukup digantung di tempat terbuka, tanpa harus berada di bawah sinar matahari langsung.

Proses pengeringan jeans secara alami. Foto oleh @denimevozz.

Ini yang pasti: hindari penyetrikaan pada jeans. Panas yang cukup tinggi dan pengaplikasikan yang berulang dapat menyebabkan ‘unwanted fades’. Cukup posisikan jeans dalam kondisi datar, digantung, atau langsung dilipat saja sampai suatu saat siap untuk digunakan.

Photo credit: Bruno Nascimento/unsplash.com

Verifikasi usia kamu ya!

Tenang, nggak bakal disalah gunakan kok!