Skip to content Skip to footer

Honest Review: NBDN – ESTD 005 16.5 oz

Prolog

NBDN adalah salah satu brand lokal yang sudah sekitar 9 tahun malang melintang di skena denim lokal.

Mengawali kisahnya dengan deretan produk jeans, NBDN telah mengembangkan sayapnya dengan menghadirkan apparel dalam rangkaian produknya.

Meski demikian, jeans tetap menjadi episentrum dan andalan NBDN dengan variasi produk yang begitu beragam nan segar.

Nah, kali ini, mimin #11 bakal mengulas salah satu koleksi mereka, yakni NBDN “ESTD 005”.

Overview

Jeans ini menggunakan bahan dengan kategori mid-weight dengan berat 16.5 oz. Jenis katun yang digunakan mid-to-long staple cotton yang relatif smooth dan durable meski tidak semantap pure long staple cotton.

Dari segi warna, NBDN ESTD 005 memiliki warna indigo yang tidak begitu pekat dengan sedikit tone purple saat terpapar sinar matahari. Karakter dan feel fabric-nya cukup slubby.

Details

Seperti biasa, setiap jeans NBDN menggunakan sashiko patch sebagai identitas utamanya. Bedanya, pada artikel ini sashiko yang ditampilkan bergaya “boro”.

Selain itu, NBDN juga menyematkan blue tab dengan sedikit sentuhan gold pada backpocket bagian kanan sebagai penguat identitas.

Artikel-artikel NBDN selalu kaya akan detail-detail menarik. Salah satu yang menarik perhatian saya adalah chainstitch run-off di kedua sudut backpocket. Lalu, mereka juga menggunakan tri-tone stitching (kuning, oranye, dan merah) untuk “menyatukan” pola-pola jeans ini.

Kemudian, posisi coin pocket NBDN ESTD 005 cukup menarik. Posisinya sedikit lebih “naik” ketimbang coin pocket di jeans pada umumnya.

Uniknya lagi, jeans ini menggunakan button yang berbeda. Pola stitching bagian sword-fly juga dibuat “twisty” dan finishing sudutnya menggunakan teknik “shell-stitch” berwarna kuning.

Sayangnya, jeans ini mungkin kurang cocok bagi penganut “form follow function” karena kebanyakan detail yang dihadirkan hanya bersifat kosmetik belaka dan non-fungsional.

Bagian dalam sendiri tidak begitu spesial di samping tekstur “irregular weave” yang begitu memanjakan mata. Bahan pocket lining pun tampak biasa dengan manifesto brand tersemat.

Namun, penggunaan komponen hidden rivet dengan identitas “HMHT” alias “Human Made Human Taste” cukup menarik mengingat sedikit brand yang menempatkan identitasnya pada komponen tersebut.

Fit

Dari segi fit, ESTD merupakan satu-satunya seri dari rangkaian produk NBDN dengan fit. ESTD sendiri ada beberapa model dengan bahan yang beda-beda tentunya.

Mimin sendiri menggunakan size 30, naik 1 size dari true-to-size (TTS). Fit post-soak jatuh di reguler sempurna. Dengan berat yang “lumayan” untuk umuran mimin dan tekstur cukup kasar, NBDN ESTD 005 ini sangat nyaman untuk mobilitas sehari-hari. Pilihan tepat buat kalian yang sedang jengah dengan potongan slim-fit atau slim-straight.

Buat kalian yang TTS-nya size genap, disarankan ambil TTS aja sih tidak perlu naik atau turun. Namun, kalian yang TTS-nya ganjil baiknya naik 1 size biar aman mengingat celana ini berbahan unsanforized alias akan menyusut seiring waktu dan pencucian.

Verdict

Pro(s)

+ Material dan konstruksi solid

+ Banyak detail menarik

+ Fit reguler on-point

+ Lagi diskon!

Con(s)

– Non-functional details

– Pemilihan benang merah agak off (selera)

Demikian sekilas review dari mimin #11, kurang lebihnya mohon maaf oke!? Buat kalian yang tertarik buat angkut celana ini bisa langsung mampir ke website atau Instagram NBDN yes.

Leave a comment

Verifikasi usia kamu ya!

Tenang, nggak bakal disalah gunakan kok!