Skip to content Skip to footer

Honest Review: ABIDENIM “The X-Thing 17oz”

Coy! Honest Review lagi nih! Terakhir kali gua nge-review jeans kolaborasi keluaran terbaru dari Sage x @mikamotorcylces nih, yaitu No Skool Chopper 19oz Unsanforized Deep Indigo Selvedge Denim. Nah, kali ini gua bakal bahas yang agak lain nih. Honest Review kali ini bakal bahas non-selvedge denim dari Abidenim The X-Thing Denim 17,5oz! Udah lama banget nih DB gak ngangkat non-selvedge, so mari kita kupas tuntas!

SPECIFICATION

– 17.5oz Non Selvedge Denim

– Sanforized

– 100% Cotton

– 10th anniversary artwork print on pocket lining

– Slim Straight Cut

– Abidenim Signature  Button

– Abidenim Signature Hidden Rivets

– Natural Vegetable Tan Leather Patch

– Chainstitch Construction

– Tucked In Belt Loop

– Raised Belt Loop

– Raised Backpocket

FIRST IMPRESSION

Pas gua lagi scroll-scroll di marketplace Abidenim niat awalnya gua mau tengak-tengok seri selvedge dari Abidenim, tapi justru mata gua malah terteju pada satu produk non-selvedge ini nih yaitu The X-Thing 17,5Oz. Kenapa gua memutuskan untuk review produk ini? Simple aja, karena gua jarang nih liat jeans non-selvedge yang masuk kategori heavyweight. Gua pun cukup penasaran namun tidak menaruh banyak harapan. Singkat cerita gua pesen lah ini celana dan sesampainya di tangan gue celana ini langsung gua sidak secara detail dari luar dan dalam. Ada beberapa detail yang menarik perhatian gua pada celana namun ada juga beberapa hal yang agak gua sayangkan pada jeans ini. Lanjut!

DETAILS

Impresi awal gua cukup oke untuk celana ini dengan beberapa detail yang umum ada pada jeans. Mata gua langsung tertuju pada artwork yang disematkan pada flasher-nya yang menurut gua masuk taraf oke tapi menunjukkan karakter dari brand Abidenim itu sendiri. Jadi menurut gua cukup khas. Celana ini menggunakan non-selvedge denim dengan bobot 17,5Oz dengan true color yang cukup gelap. Stitching pada celana ini menggunakan warna yang cukup kontras yaitu oranye jadi ya pasti masuk-masuk aja sih perpaduan warnanya. The X-Thing ini menggunakan rivet berwarna tembaga dan silver untuk hidden rivet-nya. Button celana ini cukup unik nih karena menggunakan warna hitam. Per-besi-an pada celana ini cukup cantik dengan emboss khas dari Abidenim.

Lanjut ke signature details. Ada dua hal unik yang bisa kita kulik. Pertama, “10th anniversary artwork print on pocket lining” yang menurut gua cuma bisa dibilang “oke” mengingat artikel ini merupakan artikel special anniversary satu dekade Abidenim. Menurut mimin pribadi grafik pada pocket lining artikel ini perlu “faktor x” yang lebih lagi terlebih artikel ini pun diberi nama The X-Thing. Sablon pada grafiknya pun kurang vibrant dan terkesan agak washed. Hal yang menarik perhatian gua yang kedua yaitu pada jahitan outseam celana. Meskipun celana ini non-selvedge namun Abidenim tetap memberi jahitan outseam yang sangat rapih namun dibuat agar terkesan “seperti selvedge”, mungkin tidak ingin menghilangkan prestige dari menggunakan celana selvedge?

Arcuate pada celana ini sendiri menurut mimin pribadi cukup bagus dan khas. Pada bagian back-pocket juga disematkan embroidery khas dari artikel ini. Berbentuk huruf “x” dengan kesan 3D sesuai dengan konsep grafis artikel ini, dijahit dengan rapih menggunakan warna merah menyala. Sepenglihatan mimin sih kayaknya arcuate Abidenim ini terinspirasi sama arcuate dari Iron Heart.

Kembali lagi outseam celana ini terjahit dengan rapih sampai ke waistband, begitu pun stitching di bagian yoke dan area sekitarnya. Chainstitch di bagian leg opening pun cukup rapih. Sejauh mata memandang build quality celana ini solid dan rapih, namun ada beberapa sisa jahitan yang tertinggal, bisa nih improve buat tahap finishing-nya.

Patch pada jeans ini menggunakan “Natural Vegetable Tan Leather Patch” yang tidak terlalu tebal. Untuk artwork pada patch sendiri, kembali lagi ke pernyataan gua sebelumnya dimana grafiknya cukup oke, tapi kurang sebuah “faktor x” untuk sebuah artikel special 10th anniversary.

EXPERIENCE

Sebelumnya gua belum pernah menggunakan celana dari Abidenim, dan setelah gua cek size chart Abidenim gua memutuskan untuk upsize 1 ukuran, yaitu ukuran 34 dengan cuttingan slim straight. By The Way celana ini sanforized ya nakama, jadi bisa langsung hajar. Setelah celana ini masuk ke kaki gua, hal pertama yang gua sadari dari celana ini adalah fittingnya yang sangat nyaman. Meskipun celana ini beratnya 17,5Oz tapi mimin gak merasa berat saat memakainya. Mungkin juga karena tekstur celana ini yang flat tanpa tekstur slub ya, jadi ya feelnya pun bakal flat. Meskipun begitu, celana ini gua jamin bakal punya fading yang cukup istimewa nih apalagi kalo lu pakenya niat dan telaten cuy!

Balik lagi ke fitting, menurut gua celana ini pas banget untuk pinggang dan kaki orang Indonesia. Bagian paha pas tidak terlalu besar dan tidak sempit, bagian lutut ke bawah juga cukup sesuai dengan kaedah slim straight pada umumnya tapi buat gua agak sedikti loose. Kalo lo mau nambah ikat pinggang bakal tambah pas. Panjang celana ini juga pas dengan tinggi badan gua. Gini nih penampakan fit-pic The X-Thing:

CONCLUSION

Menurut gua pribadi, untuk menjadi jeans seri “perayaan” celana ini masih kurang “faktor x” alias not so special. Packaging yang gua dapet pun menggunakan paper bag basic dari Abidenim. Tapi overall, jeans ini bisa lo tambahin ke koleksi heavyweight lo biar punya variasi non-selvedge juga coy! Celana ini sangat gua rekomendasikan buat lo yang penasaran buat nge-feed celana tapi masih mikir harga karena harga celana ini under 500rb aja. Menarik bukan? Langsung deh lo cek ke marketplace Abidenim!

Habis ini repiu celana apa lagi yak? Apa jaket kali ya? Sung request aja deh ke socmed kita coy! 

Verifikasi usia kamu ya!

Tenang, nggak bakal disalah gunakan kok!