Skip to content Skip to footer

Mitos atau Fakta: Oz Besar = Mudah Fading?

Forum-based community punya satu hal yang paling bikin seru, yaitu knowledge sharing yang sudah menjadi kultur Darahkubiru. Makanya waktu liat ada satu pertanyaan di komentar Instagram, tim Darahkubiru juga tergerak untuk setidaknya menyumbang perspektif dan menjawab pertanyaan tersebut.

Pertanyaannya adalah: Apakah benar jika semakin besar satuan berat denim (Oz), akan semakin mudah denimnya untuk fading?

Banyak yang berpikir demikian, ada pula yang tidak setuju. Ya itu sih wajar karena mungkin kebetulan ada seseorang yang memakai jeans Oz besar lalu fading dengan mudahnya. Lantas ia pun menyimpulkan demikian terlalu cepat.

Proses pemudaran warna pada denim lebih erat kaitannya dengan proses pencelupan indigo pada serat kain denim tersebut. Biasanya, yang lebih mudah fading adalah denim yang menggunakan metode rope-dyeing, yaitu pewarnaan di bagian luar kain denim tanpa menyerap ke serat utama yang biasanya dibiarkan berwarna asli (putih). Bayangkan saja jika serat utama denim tersebut ikut terwarnai, pasti ketika bagian luar sudah fading bagian dalamnya masih berwarna sama seperti denim baru.

Proses pewarnaan natural indigo. Foto dari @satriaamp

Anggap saja kita memiliki dua denim dengan Oz besar dengan karakter rope-dyed dan tidak. Rope-dyed pasti akan lebih mudah fading dibandingkan yang tidak karena ketika denim tersebut fading, bagian dalamnya tetap berwarna putih. Bisa saja ada yang berpendapat denim Oz besar lebih mudah fading dikarenakan faktor gesekan antar denim lebih intens akibat lipatan denim yang lebih tebal. Namun tetap saja, faktor utama yang menyebabkan fading jatuh ke proses pewarnaan denim tersebut.

Jawaban eksplisit dari tim kami: MITOS. Bagaimana pendapat kalian?

Leave a comment

Verifikasi usia kamu ya!

Tenang, nggak bakal disalah gunakan kok!