Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wacken Open Air: Event Metal Legendaris!

Baru-baru ini grup band metal asal Garut, Voice Of Baceprot, sedang ramai diperbincangkan karena keberhasilan mereka untuk tampil di festival Wacken Open Air di Jerman. Pasalnya, semua musisi beraliran metal pasti pengen banget tampil di festival legendaris tersebut. Tapi sayangnya gak semua punya kesempatan untuk tampil di event tersebut. Marsya (vokalis & gitaris), Siti (drummer), dan Widi (basis) pun punya mimpi yang sama. Sekarang mereka berhasil mewujudkan mimpi mereka sekaligus mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional, pasti rasanya senang dan bangga banget.

Anyway, kenapa sih para musisi metal tuh pengen banget tampil di Wacken Open Air? Karena bisa ketemu idola yang lagi manggung disana juga? Atau karena pengen sekalian jalan-jalan mumpung lagi di Jerman?

Jadi, Wacken Open Air adalah festival musik rock tahunan yang sudah rutin di gelar sejak tahun 1990. Wacken biasanya diadakan di minggu pertama bulan Agustus, dan berlokasi di desa Wacken, Jerman. Nah, khusus untuk tahun 2020 dan 2021, Wacken tidak diadakan karena pandemi. Ide awalnya berawal dari dua sekawan Thomas Jensen dan Holger Hübner. Festival Wacken Open Air  diselenggarakan pertama kali pada 24 – 25 Agustus 1990 dengan penampilan enam band lokal yang dihadiri hingga 800 penonton. Festival pertama diselenggarakan secara pribadi, dengan alat-alat yang dibangun di atas trailer yang dipinjam dari perusahaan truk lokal dan panggungnya dibikin sendiri dengan cara DIY.

Pada tahun 1992, Wacken mulai memasukkan band-band terkenal internasional seperti Blind Guardian dan Saxon untuk pertama kalinya, dan jumlah band naik menjadi 26, mengundang band dari Swedia, Amerika Serikat, Irlandia, dan Belgia. Alat-alat dan panggung juga sudah menggunakan tenaga profesional. Nah, sejak saat itulah reputasi Wacken mulai menanjak di kancah event Internasional. Selama bertahun-tahun, Wacken Open Air terus berkembang, dan sekarang puluhan band dan puluhan ribu pengunjung berdatangan ke festival ini. Pada tahun 2006, Wacken hanya dapat menampung 62.500 pengunjung. Alhasil, tahun berikutnya Wacken diadakan di area yang lebih besar. Selain itu, tiket tidak lagi dapat dibeli langsung di area festival untuk mengurangi jumlah pengunjung spontan atau tanpa tiket.

Deretan nama besar seperti Slipknot, Europe, Slayer, Iron Maiden, dan Motörhead, sudah pernah tampil di festival ini. Bahkan, Wacken sering diibaratkan sebagai Mekkah-nya para headbangers. Wajar rasanya jika semua musisi metal punya mimpi untuk tampil di event ini.

Yak, begitulah sejarah singkat Wacken dari awal hingga saat ini. Jangan lupa cek artikel lainnya ya, sobat DB!

Verifikasi usia kamu ya!

Tenang, nggak bakal disalah gunakan kok!