Skip to content Skip to footer

100% Handcrafted Jeans! Emang ada ya?

Diawali keisengan mimin saat scrolling Instagram, mimin menemukan Keruk Jeans yang katanya dikenal sebagai brand jeans paling radikal di Jepang. Kenapa bisa disebut si paling radikal? Seperti yang kita tahu, pada umumnya dalam membuat sepasang celana jeans “Raw Denim” membutuhkan lebih dari 3 jenis mesin yang berbeda, sedangkan tidak dengan seorang pengerajin dari Italy ini yang hanya mengandalkan tangan, jarum, benang, dan juga thimble.

Sebenernya konsep yang mereka bangun sesimple, mereka ingin membawa keindahan teknik jahit tangan yang digunakan dalam penjahitan tradisional ke dunia jeans. Mereka percaya bahwa dalam sebuah proses yang panjang dan sulit mampu menciptakan sebuah karya yang berarti dan jauh lebih bernilai. Terlebih pada setiap prosesnya Keruk Jeans membutuhkan banyak waktu untuk ketelitian, kesabaran dan juga kekuatan dalam proses mendesain, memotong pola kain, menjahit tiap bagian hingga menjadi sepasang celana jeans seperti pada umumnya.

Menurutnya jeans ini dibuat berdasarkan pola yang sudah mereka modifikasi dari potongan jeans vintage Amerika. Tidak hanya itu setiap pasang jeans dibuat menggunakan material dengan kualitas terbaik, seperti denim selvedge Nihon Menpu Jepang, benang linen pilihan, solid copper rivets dan natural leather high quality.

Pada sisi samping Keruk Jeans menambahkan garis penguat dengan menggunakan gaya jahitan yang disebut Norwegian stitch. Dimana teknik jahitan seperti ini sering digunakan oleh para bootmakers jaman dulu hingga sekarang, guna meningkatkan durabbility agar jeans tidak mudah terurai saat mulai termakan usia. Oh iya detail yang sama juga terpadat pada bagian leather patch loh!

Menoleh sedikit ke bagian hardware khususnya rivets, sebuah detail kecil yang memiliki fungsi besar dalam sepasang celana jeans. Keruk Jeans menggunakan rivets yang terbuat dari solid copper atau full tembaga yang dicetak dan dipalu menggunakan tangan sendiri, sehingga tiap rivets memiliki detail yang unik dan kesan handcrafted-Nya cukup terasa.

Pada intinya Keruk Jeans bisa menghabiskan waktu kurang lebih sepuluh hari hanya untuk memproduksi sepasang celana jeans, sebuah proses yang cukup lama dan pastinya effort banget. Lantas berapa sih harga yang mereka tawarkan untuk sepasang jeans 100% handcrafted ini? KRKxx0007 dan KRK0008 ditaksir mencapai 118.000 Yen Jepang atau sekitar 13 juta-an aja ges! Gimana sejauh ini kalian mulai tertarik ngga nih?

Verifikasi usia kamu ya!

Tenang, nggak bakal disalah gunakan kok!