Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metalkubiru: Denimnya Keras, Musiknya Juga Keras!

Rob Halford

Kembali ke bahasan soal musik metal, tentu menarik untuk dikulik sisi kultur berbusana pada musik metal, terutama seputar denim essentials sebagai main point Darahkubiru. 2 hal tersebut sebenernya bersinggungan ngga sih? Mari kita bahas!

Secara umum, kultur berbusana itu memiliki pengaruh yang besar tidak hanya pada skena metal, tetapi pada musik, begitu pun sebaliknya. Pada skena metal sendiri, dedengkot New Wave of British Heavy Metal yaitu Saxon pernah menamai salah satu album mereka yang bisa dibilang cukup ikonik, yaitu Denim & Leather yang dirilis pada tahun 1981. Usut punya usut, penamaan album ini terinspirasi dari dresscode penggemar musik metal pada awal tahun 80an yang banyak menggunakan atribut denim maupun kulit. Rob Halford, frontman ikonik dari Judas Priest bisa dibilang juga menjadi salah satu influencer metalheads pada era tersebut karena kostum panggungnya yang sering menggunakan jaket denim maupun kulit. Selain itu, Black Sabbath yang naik pada era tersebut juga sering menggunakan atribut yang tidak jauh dari denim serta kulit, menciptakan sebuah dresscode tidak resmi metalheads. 

Black Sabbath

Penggunaan atribut denim serta kulit pada skena metal bisa dibilang merupakan turunan dari skena musik rock, yang sering diasosiasikan dengan kultur motoran (serta tentunya dengan minuman keras, tembakau, pesta, dsb yang sering menjadi tema dari sebuah lagu metal). Kultur motoran yang berkembang pada tahun tersebut lumrah menggunakan rugged style dan pada akhirnya memberi influence skena metal ini menjadi seperti yang sering digambarkan saat ini. Lalu, bagaimana kalo zaman sekarang? Pada zaman sekarang, seiring dengan perkembangannya makin meluas sub-kultur dari musik metal itu sendiri, sebagai contoh Nu metal yang ter-influence dengan kultur Hip-Hop dengan celana kargonya, Metalcore yang merupakan perpaduan dari heavy metal dengan punk, dan masih banyak lagi yang menandakan bahwa dresscode tidak resmi metalheads pun sebenarnya turut mengikuti zaman.

Bagi lo semua metalheads sejati, Darahkubiru nantang lo buat pamerin style terbaik lo dengan cara klik link ini untuk submission style metal terkeren lo! Pastiin ajak temen lo karena bakal ada hadiah yang menarik juga pastinya! Keep calm and headbanging!🤟

Corey Taylor from Slipknot

Verifikasi usia kamu ya!

Tenang, nggak bakal disalah gunakan kok!