Skip to content Skip to footer

Mitos atau Fakta: Baru Boleh Cuci Raw Denim Setelah 6 Bulan?

“Wah mantep jeans baru nih. Jangan dulu dicuci ya sampe 6 bulan”,

Ucap seorang denimhead memberi saran kepada temannya yang baru saja membeli raw jeans pertamanya. Tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita, bukan?

“Biar celananya ‘jadi’, Bro!” juga adalah argumen yang paling sering terlontar jika sang pemberi saran ditanya mengapa harus seperti itu. Tapi apakah benar?


Bila ditelusuri, tidak dicuci dahulu sebelum 6 bulan adalah salah satu campaign brand terkemuka, Nudie Jeans, di medio 2000-an ketika memperkenalkan raw denim sebagai salah satu koleksinya. Tentu saja campaign tersebut sangat berhasil yang terbukti masih digunakannya kalimat tersebut hingga kini, bahkan menjadi salah satu urban legend di kancah raw denim. Namun terlepas dari campaign, ada penjelasan sains sederhana yang juga menarik untuk dibahas.

Ketika raw denim dikenakan, tentu saja akan ada friksi pada denim terutama pada wilayah stress point seperti whiskers dan honeycombs. Hasilnya tentu akan terjadi pemudaran secara berkala pada permukaan denim yang terkena friksi tersebut jika dibandingkan dengan bagian sekitarnya yang notabene frekuensi friksinya lebih rendah.

Anggaplah dalam waktu 6 bulan ada dua raw jeans yang dikenakan dua orang berbeda sebagai percobaan, jeans A dan jeans B. Jeans A dikenakan 6 bulan tanpa pencucian sementara jeans B dicuci setiap bulan. Hasilnya akan lebih condong ke jeans A akan menghasilkan fading lebih kontras dibanding jeans B. Jeans A menunggu denim yang tergesek-gesek lebih fade dibandingkan denim sekitarnya. Jeans B yang setiap bulannya dicuci (selama satu bulan pemakaian), fade yang dihasilkan tidak akan signifikan seperti jeans A tetapi sudah dicuci keseluruhan denimnya. Sehingga perbedaan denim yang tergesek dengan yang tidak tergesek pada jeans B tidak terlalu kontras. Sebenarnya masih banyak faktor lain, misalnya cara pemakaian dan aktivitasnya.

Jadi, secara hipotesis mungkin benar bahwa menunda pencucian atau mengurangi frekuensinya akan membuat jeans lebih mengarah ke fade yang kontras dibandingkan dengan yang dicuci secara berkala.

Pertanyaan pamungkas, apakah harus menunggu 6 bulan untuk melakukan pencucian pertama? Dengan tegas jawabannya adalah tidak, karena jeans tidak diharuskan untuk memiliki fade kontras. Belum lagi jika memperhitungkan kejadian tidak terduga seperti terkena kotoran serta tumpukan keringat yang membuat jeans mengeluarkan bau kurang sedap. Masa sih gak akan dicuci? Lagipula, jeans yang dicuci berkala pun masih bisa menghasilkan fade yang bagus. Agak berlebihan jika ‘tidak dicuci’ dianggap menjadi satu-satunya cara untuk mendapatkan fade yang bagus.

TL;DR
Jika pertanyaannya adalah, “apakah jeans yang dicuci lebih jarang akan menghasilkan fade yang lebih kontras?”. Jawabannya mungkin bisa dibilang benar.

Namun untuk pertanyaan sesuai topik, “apakah benar harus menunggu minimal 6 bulan untuk mencuci raw jeans pertama kali?”

Jawabannya sudah jelas: Tidak benar. MITOS.

Verifikasi usia kamu ya!

Tenang, nggak bakal disalah gunakan kok!