Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Band Metal Dengan Merchandise Paling Unik!

Pada umumnya, black metal sering diidentikkan dengan tema antiagama, paganisme, kematian, satanisme, dan sebagainya. Hal tersebut membuat genre ini menjadi kontroversial pada masanya. Namun, terdapat sebuah band black metal asal Indonesia yang menggunakan sebuah tema ‘mulia’ nih. Band yang tepatnya berasal dari Sukatani, Depok ini mengangkat tema agrikultur! Ya, band tersebut adalah Bvrtan!


Dibentuk pada tahun 2011, band bernama Bvrtan ini diambil dari singkatan ‘Bvrvh Tani’. Bvrtan merupakan sebuah band metal yang konsisten membahas soal pertanian dan konflik agraria. Hal tersebut tidak hanya dapat disimak dari lirik yang dibuatnya, tetapi juga pseudoname para personilnya yang juga merepresentasikan tema besar yang jadi identitas band ini. Pak Kades sebagai vokalis, Tvkang Pacvl sebagai penabuh drum, dan Kvli Arit sebagai pemain gitar merupakan para penghuni band ini. Pada 2018, Tvkang Pacvl digantikan Penjaga Mvsholla dalam menabuh drum.

Nah kali ini kami ingin membahas seputar merchandise mereka yang berbeda dari band pada umumnya! Kenapa kami bilang begitu? Karena mereka beberapa kali mengeluarkan merchandise seperti sambal pecel, sampai sendal jepit!

Kembali membahas soal merchandise, seringkali sebuah band meluncurkan merchandise sebagai media ekspresi mereka selain lagu dan album, yang umumnya berbentuk kaus. Merchandise merupakan sebuah komponen penting pada sebuah band, karena dengan membeli merchandise resmi dapat dikatakan sebagai bentuk dukungan seorang fans terhadap band tersebut. Pada kasus Bvrtan ini, mereka memilih untuk meluncurkan beberapa merchandise yang gak umum, tapi menurut kami sih keren dan sangat inovatif!


Gimana menurut kalian. Band Indonesia banyak yang keren dan kreatif kan?

Verifikasi usia kamu ya!

Tenang, nggak bakal disalah gunakan kok!