Skip to content Skip to footer

Honest Review: Tanuki MI9894T Oleh Alpharik

Kali ini Darahkubiru bakal mengulas sebuah jeans aseng nih, kebetulan review kali ini istimewa karena yang mengulas merupakan seorang sobat DB yang aktif di forum Discord Darahkubiru nih, yaitu Alpharik! Doi bakal mengulas salah satu produk jeans yang namanya mungkin masih sedikit asing untuk sebagian denimhead di Indonesia, yaitu Tanuki! Sung aja baca ulasannya yuk!


Berasal dari Okayama, Jepang, Tanuki menjadi salah satu brand yang lumayan asing bagi para denimhead khususnya di Indonesia. Dibentuk pada tahun 2016 silam, dan memposisikan dirinya sebagai brand yang tidak terlalu mengarah/mengusung konsep kepada detail – detail seperti brand “Repro” Jepang lainnya. Dapat dilihat dari arti lambang pada embroidery pengganti red-tab pada umum nya yaitu Logo mereka 二 (Ni) yang mewakili konsep masa lalu, tradisi, kemapanan, dan perdamaian pada garis dibawah dan garis atas mewakili masa depan, perubahan, dan kekuatan, diikuti oleh warna merah dan putih yaitu mengikuti warna bendera Jepang, yang menghormati akar mereka sebagai pembuat denim Jepang.

Langsung aja ya daripada panjang ngomongin sejarahnya, Tanuki Lot. MI9894T 18.7oz Miyabi Tapered ini memiliki cuttingan yang sangat modern yaitu “Relaxed Tapered Fit“, dimana akan terasa roomy dibagian paha dan langsung meruncing hingga leg-opening. Fabric yang digunakan oleh Lot. MI9894T ini terkesan sangat deep, slubby, hairy dan memiliki weft yang agak berwana beige. Walaupun seri ini dikategorikan sebagai heavyweight denim karena memiliki berat 18.7oz tapi weaving fabric-nya dibuat secara “Low Tension” yang membuatnya tidak terlalu stiff, alias masih cocok dipake di daerah–daerah yang panas.

Salah satu yang khas dari Tanuki ini adalah Selvedge Line-nya yang berwarna biru hampir di semua rilisannya, serta mereka selalu memakai leather patch berbahan “Deer Skin” (CMIIW). Selain itu, mereka memakai bahan herringbone sebagai bahan lining pocket-nya.

Terakhir, walaupun brand ini masih tergolong baru, Tanuki sudah memiliki/memakai hardware yang memiliki emboss logo brandnya sendiri. Hal ini menjadikan mereka mengalahkan brand–brand baru seperti TCB dan Oni Denim. Anyway, celana ini bisa menjadi altenatif lain kalo kalian bosen beli brand–brand denim yang mengusung tema “Slubby Denim” karena fabric-nya yang easy-to-break dan potongannya yang sangat modern sekaleee..

At all, skor gue untuk jeans ini adalah 8/10. Sisanya karena model untuk cuttingan regular amat sangat sedikit T___T

Artikel ini ditulis oleh Alpharik.


Kalo kalian punya barang yang menarik dan pengen review barang tersebut, jangan sungkan buat kontak atau mensyen kami biar bisa kami feature di sini yaah. Selanjutnya, bahas apa lagi ya gan?

Verifikasi usia kamu ya!

Tenang, nggak bakal disalah gunakan kok!