Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

The Father of Steel Reaper, Dannus Darmawan!

Dikenal dengan moniker Steel Reaper, Dannus Darmawan berkreasi dan menyampaikan aspirasi dan keresahannya melalui karya yang dilahirkan yang kental dengan nuansa luar angkasa, serta grim reaper ikoniknya! Penasaran gimana perjalanan karir dan inspirasinya dalam berkarya? Baca terus sampe bawah gan!


Dannus merupakan lulusan UPI Bandung FSRD angkatan 2005, yang menjadi awal mula karirnya di dunia illustrator. Dannus dikenal dengan style-nya yang sering mengangkat unsur luar angkasa dan alam karena kecintaannya akan hal tersebut. Selain itu, Dannus sering mem-presentasikan sebuah karakter di setiap karyanya, di sini dia sering mengangkat karakter grim reaper. Hal itu disebabkan karena grim reaper bukan mahluk hidup atau status keasliannya dipertanyakan, dan juga secara pribadi Dannus menyukai dan cocok dengan karakter tersebut untuk ditaruh di karyanya. Rutinitas Dannus sekarang banyak disibukkan sebagai illustrator di brand lokal yaitu Maternal Disaster. Selain bekerja di Maternal, Dannus juga mengerjakan beberapa project untuk band, dan berbagai brand lokal hingga internasional. Dannus beberapa kali menerima commission work dari band cadas Skandinavia. Semua itu hal itu terwujud berkat media sosial seperti Instagram, dan berkat luasnya koneksi dan mulut ke mulut semakin mengorbitkan nama Dannus.

Menurut penuturannya, pekerjaan paling berkesan yang selama ini pernah dilakukan adalah saat sebuah band progressive rock asal Swedia, yaitu Hallas menawarkan commission work untuk menggarap artwork untuk merchandise mereka, karena mereka tertarik dengan style yang dibawakan oleh Dannus yang kental dengan nuansa vintage dan unsur luar angkasa yang khas. Bagi Dannus pribadi, hal tersebut cukup sentimentil sebagai sebuah bentuk penghormatan kepada ilustrator favoritnya, yaitu Adam Burke yang sempat mengerjakan artwork cover album Hallas. Selain Adam Burke, Dannus banyak terinspirasi menelurkan karya ilustrasi dari Ken Terror, dan Raden Saleh. Dari seniman internasional, selain Adam Burke dia juga terinspirasi dari Greg “Craola” Simkins.

Melihat perkembangan dunia ilustrator sekarang, Dannus pada dasarnya sangat mengapresiasi seniman lokal yang baru memijakkan kakinya di dunia ilustrator dan sangat terbuka untuk sekadar sharing kepada sesama. Selain itu, Dannus juga berharap lebih banyak apresiasi dari orang-orang dari luar maupun dalam Negeri terhadap karya dan juga seniman di Indonesia, serta terutama lebih untuk konsisten lagi dalam menelurkan karya.


Di balik karyanya yang cadas, terdapat sebuah makna atau pesan yang ingin disampaikan oleh Dannus. Eits, tetep jangan sampe lupa buat kalian yang mau dapetin merchandise spesial kami yang berkolaborasi dengan Dannus, jangan lupa untuk submit style metal terkeren lo dengan klik link ini, ikutin panduannya, dan menangin hadiah menariknya, dan yang paling penting jangan lupa untuk ajak temen-temen lo karena Bersama Bersuara Lebih Besar!

Verifikasi usia kamu ya!

Tenang, nggak bakal disalah gunakan kok!